[Pengabdian Kepada Masyarakat] Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Logistik Kebencanaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (Sistem Informasi E-Luna Ver. 3.0)

Prodi Digital Supply Chain Telkom University kembali mengembangkan Sistem Informasi elektronik Logistik untuk Bencana (e-Luna) versi 3.0, yang merupakan hasil kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat. Versi terbaru ini merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, mulai dari e-Luna versi 1.0, versi 1.0, versi 1.1, versi 2.0 dan hingga versi 2.1. Pengembangan ini mencakup peningkatan fitur yang mendukung proses penerimaan, penyimpanan, distribusi, dan pemusnahan bantuan logistik serta peralatan kebencanaan.

Sistem Informasi e-Luna versi 3.0 yang dikembangkan pada kegiatan PKM Tahun 2024 Periode I ini berfokus pada pengembangan dashboard kinerja yang komprehensif terkait aktivitas pergudangan di BPBD Provinsi Jawa Barat. Fitur ini dirancang sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi pimpinan BPBD, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, koordinator gudang, dan pengawas gudang,

Dashboard kinerja yang ditampilkan dalam e-Luna versi 3.0 mencakup berbagai aspek, antara lain:

  1. Penerimaan Bantuan: Memantau proporsi antara jumlah nominal barang bantuan yang diterima dengan keseluruhan nilai nominal barang yang seharusnya diterima dari berbagai sumber dana seperti APBN, APBD, dan CSR.
  2. Penyimpanan Barang: Melakukan monitoring terhadap jumlah barang yang disimpan di gudang BPBD, termasuk notifikasi untuk barang yang mendekati masa kadaluwarsa.
  3. Distribusi Bantuan: Memantau pendistribusian barang dari BPBD Provinsi ke BPBD tingkat kabupaten/kota.

Pengembangan e-Luna versi 3.0 ini tidak hanya memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan bantuan logistik kebencanaan, tetapi juga memastikan bahwa pengelolaan tersebut dilaksanakan dengan cepat, tepat, terpadu, dan akuntabel, sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 13 Tahun 2008 tentang Pedoman Manajemen Logistik dan Peralatan.

Dengan adanya e-Luna versi 3.0, diharapkan dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam memperkuat kapasitas manajemen kebencanaan di Jawa Barat dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut tentang e-Luna versi 3.0 dan bagaimana sistem ini dapat membantu dalam manajemen logistik kebencanaan, silakan selalu kunjungi situs web kami atau hubungi tim kami di Prodi Digital Supply Chain Telkom University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *